Sejarah serta Perkembangan Perusahaan Clothing dan Distro di Indonesia
Anak muda memang tidak bisa dijauhkan dari kata fashion. Bagi mereka fashion adalah hal yang wajib diperhatikan dalam setiap penampilan mereka. Pilihan dalam mengembangkan fashion anak muda saat ini adalah dengan mulai menjamurnya distro-distro di Indonesia.
Hal ini karena distro merupakan pilihan fashion yang mampu memanjakan
anak muda masa kini, mulai dari sepatu, celana jeans, kaos, jaket,
hingga topi dan aksesoris lainnya.
Distro sudah menjadi sebuah fenomena baru yang hadir khususnya di
kota-kota besar di Indonesia. Keberadaan distro menjadi sebuah trend
setter untuk menghadirkan gaya tatanan busana ala remaja dengan segala
macam keunikan yang hadir mengiringinya.
Distro sendiri umumnya berisi kaos-kaos yang berasal dari
perusahaan clothing. Lalu apa sih bedanya perusahaan clothing dan
distro? Bagaiman sejarah keduanya hingga saat ini bisnis distro begitu
berkembang?
Pengertian Clothing
Kaos yang menjadi produksi utama perusahaan clothing pun
kemudian berkembang ke segala kebutuhan sekunder manusia yakni style mereka.
Perusahaan clothing mulai memproduksi jaket, dompet, longpant, kaos
polo, topi, tas, aksesoris seperti pin gelang juga ikut diproduksi.
Pengertian Distro
Distro merupakan kepanjangan atau singkatan dari distribution
clothing atau distribution outlet. Distro merupakan tempat
titipan produksi barang.
Produksi barang ini diterima dari berbagai macam merk perusahaan clothing lokal
yang memproduksi sendiri produknya seperti kaos, tas, dompet, jaket, dan lain-lain.
Produksi yang diciptakan distro belum memiliki marketing sendiri,
sehingga distro membutuhkan vendor clothing company sebagai
simbiosis mutualismenya dalam hal pemasaran.
Perkembangan Perusahaan Clothing
Company dan Distro
Pada pertengahan tahun 1990, perkembangan perusahaan clothing dan distro mulai mengalami puncaknya pada tahun 1996-1998.
Masa itu adalah masa di mana distro yang menjual produk lokal mulai
bermunculan. Adapun orang yang menjual kaos-kaos distro biasa dikenal dengan
istilah vendor.
Sekitar tahun 1996, berdirilah sebuah perusahaan clothing bernama
’347′ Boardrider.co’ yang kemudian disusul oleh kehadiran ‘Ouval Research’
setahun berikutnya. Pada tahun 1997 sampai 1998 makin bermunculan perusahaan
clothing yaitu Harder, Aiprplane, Monic, Two Clothes, No Labels.
Patut untuk ditekankan di sini ialah, meskipun jauh-jauh hari sebelumnya
sudah banyak brand pakaian atau fashion tingkat
lokal yang telah memulai usaha di beberapa daerah, tapi sebutan clothing dan
distro ini baru saja iketahui di Indonesia ketika bersamaan populernya oleh
brand atau merk-merk yang sudah dimention di atas.
Istilah clothing atau distropun kemudian mengalami
perkembangan yang signifikan. Distro menjadi tempat yang diminati karena adanya
sesuatu yang unik dan menarik dari barang yang diproduksinya. Barang yang unik
mampu membedakan mereka dengan yang lain.
Secara keseluruhan perkembangan vendor distro di Indonesia tetap
memberikan pengaruh positif bagi perkembangan trend dan fashion. Pengaruh
yang positif inipun mampu memberi sebuah motivasi tentang adanya independensi
dalam mendirikan sebuah usaha.
Menariknya dari distro adalah, distro memiliki sifat yang eksklusif
dalam menjual produk-produknya, sebab desain dari vendor yang unik dan
membedakan dari kaos yang dijual di toko-toko biasa membuat distro semakin
dilirik oleh setiap anak muda yang ingin bergaya dengan fashion mereka.
Bisnis dalam bidang clothing atau distro memang akan
selalu mengalami perkembangan. Bukan hanya desain produknya yang mengikuti
perkembangan trend. Bahan dari kaos oleh sebuah distro
diutamakan terbuat dari bahan yang berkualitas.
Pemilihan kualitas ini memicu kenyamanan konsumen terhadap clothing. Clothing akan
semakin dikenal dengan ciri khas mereka mulai dari bahan maupun dari segi
desain yang terbatas.
Ya, perkembangan usaha di perusahaan clothing dan
distro selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa dan memang tidak akan
ada habisnya. Bagi Anda yang ingin memulai usaha, bisnis clothing dan
vendor distro ini sangat cocok digunakan untuk usaha anda.
Ada banyak peluang yang tidak akan purna habisnya seiring dengan
kebutuhan sandang bagi kalangan muda, remaja dan dewasa.
Clothing dan vendor distro dengan konsep yang menarik, berbeda, dan unik akan
menambah daya tarik tersendiri untuk setiap pengunjung usaha yang akan Anda
buka nantinya.