Welcome to Palugada Collection !
Selamat datang di website kami, selamat berbelanja dan semoga cocok dengan produk kami. Jangan lupa penilaian postifnya ya kakak, terimakasih.

Perkembangan Perusahaan Clothing di Indonesia

Sejarah serta Perkembangan Perusahaan Clothing dan Distro di Indonesia


Anak muda memang tidak bisa dijauhkan dari kata fashion. Bagi  mereka fashion adalah hal yang wajib diperhatikan dalam setiap penampilan mereka. Pilihan dalam mengembangkan fashion anak muda saat ini adalah dengan mulai menjamurnya distro-distro di Indonesia.

Hal ini karena distro merupakan pilihan fashion yang mampu memanjakan anak muda masa kini, mulai dari sepatu, celana jeans, kaos, jaket, hingga topi dan aksesoris lainnya.

Distro sudah menjadi sebuah fenomena baru yang hadir khususnya di kota-kota besar di Indonesia. Keberadaan distro menjadi sebuah trend setter untuk menghadirkan gaya tatanan busana ala remaja dengan segala macam keunikan yang hadir mengiringinya.

Distro sendiri umumnya berisi kaos-kaos yang berasal dari perusahaan clothing. Lalu apa sih bedanya perusahaan clothing dan distro? Bagaiman sejarah keduanya hingga saat ini bisnis distro begitu berkembang?

Pengertian Clothing


Clothing adalah istilah untuk menyebut perusahaan pembuat kaos.  Istilah lengkapnya adalah perusahaan clothing yang membuat pakaian berupa kaos di bawah produksi dengan merk sendiri.

Kaos yang menjadi produksi utama perusahaan clothing pun kemudian berkembang ke segala kebutuhan sekunder manusia yakni style mereka. Perusahaan clothing mulai memproduksi jaket, dompet, longpant, kaos polo, topi, tas, aksesoris seperti pin gelang juga ikut diproduksi. 

Pengertian Distro


Jika perusahaaan clothing adalah perusahaan pembuat kaosmaka distro adalah tempat untuk menjual kaos-kaos yang dihasilkan dari perusahaan clothing.

Distro merupakan kepanjangan atau singkatan dari distribution clothing atau distribution outlet. Distro merupakan tempat titipan produksi barang.

Produksi barang ini diterima dari berbagai macam merk perusahaan clothing lokal yang memproduksi sendiri produknya seperti kaos, tas, dompet, jaket, dan lain-lain.

Produksi yang diciptakan distro belum memiliki marketing sendiri, sehingga distro membutuhkan vendor clothing company sebagai simbiosis mutualismenya dalam hal pemasaran.

Perkembangan Perusahaan Clothing Company dan Distro


Pada pertengahan tahun 1990, perkembangan perusahaan clothing dan distro mulai mengalami puncaknya pada tahun 1996-1998.

Masa itu adalah masa di mana distro yang menjual produk lokal mulai bermunculan. Adapun orang yang menjual kaos-kaos distro biasa dikenal dengan istilah vendor.

Sekitar tahun 1996, berdirilah sebuah perusahaan clothing bernama ’347′ Boardrider.co’ yang kemudian disusul oleh kehadiran ‘Ouval Research’ setahun berikutnya. Pada tahun 1997 sampai 1998 makin bermunculan perusahaan clothing yaitu Harder, Aiprplane, Monic, Two Clothes, No Labels.

Patut untuk ditekankan di sini ialah, meskipun jauh-jauh hari sebelumnya sudah banyak brand pakaian atau fashion tingkat lokal yang telah memulai usaha di beberapa daerah, tapi sebutan clothing dan distro ini baru saja iketahui di Indonesia ketika bersamaan populernya oleh brand atau merk-merk yang sudah dimention di atas.

Istilah clothing atau distropun kemudian mengalami perkembangan yang signifikan. Distro menjadi tempat yang diminati karena adanya sesuatu yang unik dan menarik dari barang yang diproduksinya. Barang yang unik mampu membedakan mereka dengan yang lain.

Secara keseluruhan perkembangan vendor distro di Indonesia tetap memberikan pengaruh positif bagi perkembangan trend dan fashion. Pengaruh yang positif inipun mampu memberi sebuah motivasi tentang adanya independensi dalam mendirikan sebuah usaha.

Menariknya dari distro adalah, distro memiliki sifat yang eksklusif dalam menjual produk-produknya, sebab desain dari vendor yang unik dan membedakan dari kaos yang dijual di toko-toko biasa membuat distro semakin dilirik oleh setiap anak muda yang ingin bergaya dengan fashion mereka.

Bisnis dalam bidang clothing atau distro memang akan selalu mengalami perkembangan. Bukan hanya desain produknya yang mengikuti perkembangan trend. Bahan  dari kaos oleh sebuah distro diutamakan terbuat dari bahan yang berkualitas.

Pemilihan kualitas ini memicu kenyamanan konsumen terhadap clothingClothing  akan semakin dikenal dengan ciri khas mereka mulai dari bahan maupun dari segi desain yang terbatas.

Ya, perkembangan usaha di perusahaan clothing dan distro selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa dan memang tidak akan ada habisnya. Bagi Anda yang ingin memulai usaha, bisnis clothing dan vendor distro ini sangat cocok digunakan untuk usaha anda.

Ada banyak peluang yang tidak akan purna habisnya seiring dengan kebutuhan sandang bagi kalangan muda, remaja dan dewasa.

Clothing dan vendor distro dengan konsep yang menarik, berbeda, dan unik akan menambah daya tarik tersendiri untuk setiap pengunjung usaha yang akan Anda buka nantinya.